Survei LSI: RK Dipilih Karena Berpengalaman di Pemerintahan, Pramono Dianggap Bersih Korupsi
Cerdas MemilihNewsHot

Bakal calon Gubernur Jakarta 2024, Ridwan Kamil dan Pramono Anung. Foto Istimewa

Jakarta, tvrijakartanews - Lembaga Survei Indonesia mencatat alasan utama responden memilih tiga figur bakal calon gubernur (cagub) Jakarta 2024. Responden pemilih Ridwan Kamil (RK) menganggap mantan Gubernur Jawa Barat itu punya pengalaman di pemerintahan dengan jumlah 29,1 persen.

"Orang yang memilih Ridwan Kamil itu paling banyak alasannya karena berpengalaman di pemerintahan," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan dalam rilis surveinya secara virtual, Rabu (18/9/2024)

Alasan responden lain memilih RK karena sudah ada bukti hasil kerjanya dengan persentase 20,1. Mantan Wali Kota Bandung itu juga dianggap jujur dan bersih dari korupsi dengan persentase 10,9 persen.

Kemudian alasan utama responden memilih Pramono karena memandang eks Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu jujur dan bersih dari korupsi. Totalnya 15,6 persen. Alasan lain responden memilih Pramono karena punya pengalaman di pemerintahan totalnya 14,7 persen. Kemudian, sudah ada bukti hasil kerjanya hanya 0,9 persen.

Sementara di kalangan pendukung Dharma, dia dianggap tegas berwibawa dengan jumlah 17,4 persen. Jumlah ini tertinggi dari faktor alasan memilih lainnya.

"Saya kira masuk akal, karena beliau berasal dari kalangan, kalau nggak salah, kepolisian. Biasanya kepolisian atau entara dianggap punya ketegasan kebibawahannya lebih dibandingkan dengan masyarakat lainnya," ucap Djayadi.

Jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia dilaksanakan pada 6-12 September 2024. Sebanyak 1.200 responden yang memiliki hak pilih di Jakarta terlibat dalam survei ini melalui metode wawancara.

Metode yang digunakan yakni simple random sampling. Margin of error survei sebanyak kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.